Testimoni

Sejarah Penamaan Lombok - Uniknya Lombok

Pulau Lombok sudah terkenal sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia. Namun tahukah traveler, bagaimana asal muasal pulau cantik ini disebut Pulau Lombok?
Image result for LOMBOK ASAL KATA
Banyak wisatawan yang datang ke Lombok selalu membayangkan kuliner yang pedas, lantaran arti dari kata Lombok itu sendiri adalah Cabe. Tetapi, kata Lombok yang sebenarnya berarti 'lurus' yang sudah tertulis sejak dari jaman Kerajaan Majapahit.

Pada buku Negara Kertagama yang berbunyi 'Lombok Sasak Mirah Adi'. Apa makna dari kata tersebut? Kalau kita kaji kalimat tersebut secara terpisah, Lombok artinya Lurus, Sasak artinya orang asli Lombok sendiri, Mirah artinya Permata, dan Adi artinya Kejayaan.

Nah, sudah jelas sekarang makna kalimat yang tertulis dalam Buku Negara Kertagama tersebut. Kalimat tersebut memiliki makna Orang Lombok mempunyai hati yang lurus untuk dijadikan permata kejayaan.
BACA JUGA : MUSIK TRADISIONAL LOMBOK
Lombok memang sudah mengalami peradaban yang panjang. Bukan hanya peradaban dari Kerajaan Majapahit, tapi sudah dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya dengan ditemukannya bukti arkeologis yaitu empat Arca Buddha, dimana 2 disimpan di Museum Pusat Jakarta, dan 2 lagi disimpan di Museum NTB dan masih banyak lagi penemuan-penemuan para arkeolog yang membuktikan bahwa Lombok sudah eksis sejak dulu kala.

Terus apa dong bukti Kerajaan Majapahit yang lain selain tulisan di Buku Negara Kertagama? Banyak kok buktinya, antara lain nama-nama daerah di Lombok banyak yang sama dengan nama kota di Jawa.

Contohnya Kota Kediri, di Lombok pun ada Desa Kediri, Kota Gresik juga, di Lombok pun ada Desa Gresik, di Lombok pun ada Desa Surabaya, dan masih banyak daerah lainnya.

Terus dari tulisan Aksara Kejawen, di Lombok pun sama bentuk tulisannya. Kalau di Pulau Jawa dibacanya Ho No Co Ro Ko, tapi di Lombok dibacanya Ha Na Ca Ra Ka. Itulah bukti bahwa Lombok sudah sering dikunjungi orang luar.

Ayo, makanya ke Lombok biar tidak penasaran! pESAN pAKET LOMBOK wISATA DISINI
Powered by Blogger.