Testimoni

Mengenal Desa penghasil kain Tenun Lombok Tengah - Pesona Lombok

Siapa Yang tidak Kenal Kain Tenun Khas Lombok ? ya kain tenun yang Berkualitas dan Dengan Motif Yang Beragam Membuat Kain Ini banyak di minati Oleh Banyak orang. dan sekarang tim Pesona Lombok Akanmembaw kalian berkenalan Langsung Dengan senta penghasil kain tenun di lombok  tengah. langsung saja simak artikelnya. hee


 Sentar kain tenun SukaRara
desa penghasil kerajinan tenun songket Lombok dan Terbesar , Lokasinya berada di luar jalur jalan negara, Kecamatan Jonggot, Lombok Tengah.  

Tenun songket merupakan kain tenun yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan dengan hiasan-hiasan dari benang sintetis berwarna emas, perak, dan warna lainnya. Hiasan itu disisipkan di antara benang lusi. Terkadang hiasan dapat berupa manik-manik, kerang, maupun uang logam.
 Motif-motif songket yang ditawarkan pun sangat beragam, antara lain motif ayam, motif kembang delapan, motif kembang empat, motif begambar tokek yang merupakan simbol keberuntungan, motif pakerot yang berbentuk horizontal, motif trudak yang berwarna violet, dan masih banyak lagi. Masing-masing motif memiliki maknanya sendiri-sendiri.
Mau Tau Makna darimasing-masing motif???,. Silahkan Berkunjung Ke Lombok. Hee 
 Baca Juga : Jenis Motif Kain Tenin Lombok

Sentra Kain Tenun Sade – Lombok
Berbeda dengan desa Sukarara, rute menuju desa Sade ini cukup mudah.  Desa Sade letaknya satu jalur dengan Tanjung An dan Pantai Kuta. Di desa ini kegiatan menenun bisa kita lihat di setiap teras rumah warga. Meskipun proses menenun dilakukan dengan cara sederhana, tapi hasil tenunan tersebut tidak kalah indahnya dengan tenunan menggunakan mesin modern.
Related image
Benang dan teknik pewarnaan warga Sade dalam membuat kain tenun, masih mirip dengan yang dilakukan warga Sukarara. Yang membedakan hanya motifnya saja yang tidak sekompleks di desa Sukarara. Motif-motif tenun yang dihasilkan desa Sade lebih banyak untuk keperluan selendang atau syal. Hal ini dilakukan karena permintaan pembeli, yang menggunakan kain tenun Sade sebagai oleh-oleh yang simple dan tidak membutuhkan banyak space saat membawanya.
Baca Juga : Surga Di Sudut Timur Lombok

jangan lupa di Share
Powered by Blogger.